Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Monday, July 26, 2010

I Live By Grace

"hai orang-orang yang Kudukung sejak dari kandungan,

hai orang-orang yang Kujunjung sejak dari rahim.

Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu.

Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus;

Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu."


live by grace...


kayanya baru-baru ini gw baru sadar apa itu live by grace...


FYI, gw lahir dari keluarga kristen, gw "lahir baru" or mulai mau sungguh2 sama God dari umur 13 taon n sejak itu memutuskan utk nda nyontek, nda ngomonk kotor, nda denger lagu dunia n pernah dulu mutusin utk nda watch bioskop, gw berusaha sekuat tenaga utk jadi "kristen" yg baik dengan gw berusaha senyum terus, berusaha baik terus, berusaha ngalah terus, i already read bible 6th times, dan gw konsisten tiap hari pasti read bible... is it bad? no... thats so good... bagus banget semua yg gw lakuin itu... n bahkan mungkin semua orang yg kenal gw setuju anggep gw anak baik...


tapi keliatannya gw salah menanggapi anugrah cinta God...

gw akui tanpa sadar saat gw berbuat semua perbuatan baik itu motivasi gw supaya gw berkenan di hadapan God... gw lakuin semua perbuatan baik n ketaatan utk "mengejar" perkenanan God... gw lakuin semua kegiatan agamawi n semua yg gw tau yg baik2 utk "mengejar" cinta God buat gw... gw pikir dengan gw nda nyontek perkenanan God n cinta God bertambah buat gw, gw pikir saat gw memilih mengampuni gw sedang menambah cinta God buat gw, gw pikir saat gw taat gw sedang menambah persediaan cinta God buat gw... apa perbuatan baik salah? No... yg salah adalah motivasi gw melakukan semua spy dicintai God...


gw sala menanggapi anugrah God... gw sala mengartikan anugrah God...

i don't understand grace n jadinya gw slalu berusaha berbuat baik n taat utk mendapat cinta God... itu yg buat gw jd perfeksionis dalam hal berbuat benar, gw jd sombong, n itu membuat gw jd cape bgt n sangat2 penuntut n jd sgt2 menghakimi...

karena gw merasa benar...

kalo gw nda dibela God, gw ngambex...

kalo gw nda -yg menurut gw- disayangi God, gw ngambex...

kalo janji God lama dikit -menurut gw-, gw ngambex...

itu semua karena pola pikir gw yg sala tentang anugrah God...


n akhir2 ini semua pola pikir gw tentang God n anugrahNya lagi dirombak abis-abisan...

bener2 abis-abisan...


sekarang2 ini God lagi ijinkan gw masukin satu proses dimana gw seperti kehilangan arah God karena gw ngerasa lagi jalanin hal yg nda benar menurut logika pengetahuan keagamaan gw tp God suru gw jalani... yg artinya gw ngrasa yg gw jalani ini dosa menurut logika pengetahuan keagamaan gw tapi God suru jalani...

jujur gw bingunk sebingunk2nya karena slama ini hampir gw slalu menolak utk berbuat nda benar menurut logika keagamaan gw n memaksa diri gw utk "taat" menurut gw...

hal yg lg gw jalani ini sempet buat gw down krn gw bingunk knp God suru jalani pdhl menurut logika keagamaan gw nda benar?

gw jato berkali2... n gw kira God ninggalin gw... gw kira cintaNya akan berkurang krn gw nda jd anak "baik" lg menurut gw...

tapi... ternyata nda... God nda pernah ninggalin... bahkan God blg God lg menggendong gw melewati ini semua... Yesaya 46:3b-4


gw bilang sama God, "God ternyata aku ini seorang pendosa bgt... aku gagal terus... aku ingin lakuin yg baik... tapi yg jaat yg aku lakuin... aku ini manusia yg sgt terbatas God... aku nda akan bisa tanpa anugrah God..." disini gw baru ngrasa gw butuh God ampuni, gw butuh anugrahNya utk jadi seperti yg Dia mau...


n God jawab lewat cerita dari seorang anak yg cacat tangan, cacat kaki, n kelainan mental n punya papa yg baikkkk banget... jadi si anak mau ikut perlombaan triathlon (perlombaan renang, sepeda, lari marathon sekaligus) n papa nya setuju n ngbuat alat2 utk papa nya itu lomba sambil bawa anak nya (pas renang skitar, anaknya ditaro di perahu karet sambil papanya berenang tarik perahu karet yg ada anaknya; pas lomba sepeda, papanya bikin sepeda yg bisa bawa anaknya di depan sepedanya sambil papanya ngayuh sepedanya; pas lomba lari, anaknya ditaro di kursi roda sambil papanya lari dorong kursi roda itu di belakangnya) sampe akhire berhasil dalam waktu 13 jem 43 menit tanpa istirahat...


God ky bilang... "nak, kamu itu seperti anak yg cacat itu, kamu nda bisa berbuat apa2 krn hukum dosa daging menghalangi kamu utk bebas bergerak... tapi, Aku jg seperti papa anak cacat jasmani itu... Aku mau menanggung kamu, Aku mau menolong kamu, Aku mau menyelamatkan kamu... Aku mau menggendong kamu sampai garis finish perlombaan iman... Aku bersamamu dan Aku mengasihi kamu dengan kasih yg kekal dan tidak berubah..."


gw baru tau arti anugrah skarang... anugrah adl saat gw nda bisa tapi God ampuni dan mampukan bahkan mau menggendong gw yg pendosa dan terbatas ini...


saat gw tau hal ini... gw ngrasa beban gw terangkat...

gw mau memilih hidup dalam anugrah God...


dan maukah engkau teman hidup dalam anugrahNya? mungkin saat ini lo ngrasa cape bgt idup jato lagi, jato lagi, jato lagi... tapi ketahuilah 1 hal... God mau menanggung n menggendong lo selalu... God loves u n me... Dia di pihak qt n bukan jd lawan qt... God di pihak qt... :)

6 comments:

comelyvia said...

niceee...
welcome to grace gel!
God kasi Yesus di salib itu, untuk jadikan kita free.. untuk hidup dalam grace.. bukan untuk mengikat hidup kita..
with love,
princess^^uhuuuuyyy

princess-angel said...

sipppp vi... xixixixi :)
amennn.... live by grace y vi :)

Vie said...

I think jadi kristen yang baik itu bukannya memutuskan hubungan sama sekali dengan apa yang terjadi di dunia. Nonton bioskop bukan dilarang kok, dengan kita tahu di mana dunia bergerak, kita bisa bergerak bukan mengikuti arus dunia, tapi menuntun dunia mengikuti arus kita.

Kalau kita nggak pernah tahu apa yang sedang terjadi di dunia, dan apa aja ngana nganunya, kita hidup di dunia kristen kita sendiri dan di mana dampak kita kalau begitu? Hehe.

This is just what I think.

henny novia said...

via nonton emg ga di larang, tp kan tiap2 kita pasti tau kemampuan seberapa.. hehe.. (gr2 gue lg masa ga nonton niey) haha..

angel : thx GOD ngel, tersentuh sekali,, hehe.. emg sebenernya apa yg kita lakuin ga mbuat nambahin apa2 karna smua nya cuma kasih karuni GOD.. (lupa ayatnya di PB blkg2 gt deh) haha..

princess-angel said...

@ vie : hummm bener vio... tapi gw rasa tiap orang dkasi kemampuan iman masing2 menurut ukurannya sama God...

kaya ada ayat d bible yg lg kupas ttg makanan yg dpersembahkan sm berhala... ada yg tetep makan ada yg memilih utk makan...

n d bible diblg, baiklah yg makan nda mencemooh yg nda makan n yg nda makan jg nda anggep yg makan berdosa...

jd semua tergantung iman n damai sjahtra masing2 hati manusia itu sendiri... n God accept us all... Dia yg melihat hati... :)

ky gw... gw memilih nda watch sm skali pilm horror n drama romantis... horror krn gw bisa nda bobo smaleman, hahahha, n drama romantis krn gw bisa melow "gila" kl watch... hahahah,

:)

@ heny : yaph hen... semua krn anugrah God... i can't live n move without His grace... really need it... :)

Anonymous said...

Kehidupan seorang kristen adalah bukan kehidupan beragama, kehidupan seorang kristen adalah pengalaman hidup kita bersama GOD secara PRIBADI, bergaul karib dari waktu ke waktu, sehingga kita mengalami bahwa FIRMAN DIA itu hidup dan menjadi daging, kita rasakan nyata benar yang akan semakin membawa kita menyadari bahwa DIA besar dan kita semakin kecil, sehingga kita bisa merasakan kasihNYA yang sangat besar dan kita bisa menjadi alatnya yang menyenangkan hati GOD...

"Tetaplah berdoa[1 Tesalonika 5:17]. bisa diartikan bergaul karib dengan GOD"

Kita tidak akan pernah menumbuhkan hubungan yang dekat dengan Allah hanya dengan menghadiri gereja sekali seminggu atau bahkan memiliki saat teduh harian. Persahabatan\pergaulan dengan GOD dibangun dengan BERBAGI SEMUA PENGALAMAN HIDUP ANDA dengan GOD. GOD ingin terlibat dalam setiap kegiatan kita, setiap percakapan, setiap masalah dan bahkan setiap pemikiran.
Tetaplah berdoa berarti bercakap-cakap dengan GOD sementara kita menjalankan kehidupan kita sehari-hari.

Salah pengertian yang biasa timbul adalah bahwa "menggunakan waktu bersama GOD" berarti berada sendirian dengan GOD. Tentu, sebagaimana yang diteladankan Yesus, anda membutuhkan waktu untuk sendirian bersama GOD, tetapi itu hanyalah sebagian dari jam-jam bangun kita. SEGALA SESUATU YANG KITA LAKUKAN bisa merupakan tindakan "menggunakan waktu bersama GOD" jika GOD diajak untuk mengambil bagian di dalamnya dan kita tetap sadar akan kehadiranNya.

Penyembahan bukanlah sesuatu acara untuk dihadiri, tetapi SUATU SIKAP yang BERKESINAMBUNGAN\TERUS MENERUS. Karena GOD bersama kita sepanjang waktu, tidak ada tempat yang lebih dekat kepada GOD daripada tempat dimana kita berada sekarang. [Efesus 4:6b ....Allah yang diatas semua dan oleh semua dan di dalam semua].

Mempraktikkan kehadiran GOD merupakan suatu ketrampilan, sebuah kebiasaan yang bisa kita kembangkan. Sama seperti musisi berlatih alat musik setiap hari agar dapat memainkan alunan yang indah dengan mudah, kita harus melatih diri kita untuk berpikir tentang GOD setiap saat dalam hari kita. Kita harus melatih pikiran anda untuk mengingat GOD.

Post a Comment