Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Tuesday, June 16, 2009

The story behind 5 loaves bread n 2 small fish


Kisah ini diinspirasi dr yohanes 6...

Adalah seorang anak lelaki bernama Yakub yg tinggal di suatu desa kecil di Israel pada 2000 tahun lalu. Ia tinggal hanya berdua dengan ibunya yg sangat menyayangi dia.
Di satu hari Yakub mendengar bahwa Rabi Yesus akan datang ke kota di dekatnya esok hari, dan Yakub ingin sekali datang mendengar dan melihat seperti apa saat Rabi Yesus mengajar karena Yakub banyak sekali mendengar orang2 dewasa di desanya berbicara tentang Dia, ada yang bilang kalau cerita2 Rabi Yesus sangat bagus, berkuasa, lain dr yg lain dan tidak seperti banyak rabi2 lainnya, ada yang bilang banyak mujizat menyertai Rabi Yesus kemanapun Dia pergi, yg buta melihat, yg tuli mendengar, yg lumpuh berjalan, yg kerasukan setan dilepaskan bahkan yang mati dibangkitkan! Dan banyak yg bilang bahwa Rabi Yesus walau cerita2nya bagus, banyak yg memuji dan banyak mujizat tp Dia tetap lembut dan baik, Dia tidak sombong bahkan kepada anak2 kecil seumurannya. Sehingga Yakub memutuskan utk pergi ke kota itu utk sekedar melihat dan mendengar Rabi Yesus.
Dan ia memberitahu ibunya, "Ibu, Ibu kata orang2 di desa Rabi Yesus akan datang ke kota sebelah, aku ingin sekali melihat dan mendengar secara langsung Rabi Yesus... Bolehkah aku pergi Ibu?"
Ibunya menjawab: "Baiklah nak, tapi ingat hati2 di jalan dan ceritakan pada ibu seperti apa Rabi Yesus yang banyak diceritakan orang2 desa... Besok Ibu jg akan menyiapkan bekal untuk persediaan 1 hari supaya kamu tidak kelaparan nanti..."
jawab Yakub: "Iya Ibu, aku akan menceritakan pada Ibu sepulangnya aku dari sana..."
Yakub pun pagi2 buta mulai pamit sama ibunya utk pergi ke kota sebelah disertai dengan bekal 5 roti dan 2 ikan kecil utk makanannya selama sehari penuh.
Yakub pun pergi dengan beberapa rombongan dari desanya yg juga ingin melihat Rabi Yesus mengajar...
Setelah beberapa jam berjalan mereka pun sampai ke suatu kota yg agak sepi krn Rabi Yesus berpindah dr kota sebelah yg cukup ramai ke kota kecil ini.
Beruntung sekali bagi Yakub krn tubuhnya yg cukup masih kecil sehingga ia bisa menyelinap ke tempat yg cukup dekat dengan Rabi Yesus dan murid2Nya, Rabi Yesus pun mulai bercerita dan mengajar tentang banyak sekali hal Kerajaan Tuhan. Banyak hal2 baru yg didapat oleh Yakub dan orang2 disekitarnya, dan tidak disangka hari sudah mulai cukup larut, Yakub dan orang2 tidak sadar sudah cukup lama Rabi Yesus mengajar karena cerita dan pengajaran ttg Kerajaan Tuhan sgt menarik sekali lain dari rabi2 dan ahli2 Taurat lain.
Akhirnya selesailah Rabi Yesus mengajar, dan karena Yakub cukup dekat pada Rabi Yesus dan murid2Nya, dia bisa mendengar percakapan Rabi Yesus dan murid2Nya...
"kita harus beri makan orang banyak ini, dimanakah kita bisa membeli roti utk mereka?" kata Rabi Yesus pada Filipus muridNya.
Filipus menjawab: "Rabi, bahkan upah 8 bulan kerja, skitar 200 dinar, tidak akan cukup utk hanya sepotong kecil roti kita beri kepada masing2 org! Ini juga tempat yg sepi, Rabi... Darimana kita bisa mendapat roti sebanyak itu?"
Lalu Yakub melihat murid2 Yesus mulai sibuk mencari2 roti2 kesana kemari utk dibawa pada Rabi Yesus dg maksud dibagi2kan pada org banyak tersebut. Tapi sayangnya, orang banyak itu sepertinya juga tidak membawa persiapan apa2, sehingga sulit sekali menemukan roti.
Yakub pun melihat ke roti dan ikan yg dia punya utk makanannya. Dia sendiri sudah sgt lapar dan ingin sekali makan bekalnya, tapi dia jg tak tega melihat kebingungan murid2 Yesus yg panik mencari2 roti kesana kemari. Akhirnya walau dg perut lapar karena belum sempat makan seharian, dia pun membawa bekal 5 roti dan 2 ikan kecilnya pada murid2 Yesus.
"Pak, kalian sedang mencari roti y?" kata Yakub.
Murid Yesus yg dipanggil yg bernama Andreas menengok dan menjawab "iya nak, kami sedang mencari roti sebanyak2nya utk kami bawa kepada Rabi Yesus utk dibagi2kan pada orang banyak ini... ada apa nak?
Yakub menjawab sambil menyodorkan bekalnya yang berisi 5 roti dan 2 ikan kecil, "Pak, ambil saja punyaku... Aku punya 5 roti dan 2 ikan kecil..."
Andreas pun membawa Yakub pada Rabi Yesus, "Rabi, ini ada seorang anak yg mempunyai 5 roti dan 2 ikan kecil... tapi seberapa mengenyangkankah ini utk org2 sebanyak ini?"
Rabi Yesus mengambil bekal itu sambil melihat kearah Yakub sambil tersenyum hangat sekali dan berkata pada murid2Nya, "katakan pada orang2 ini untuk duduk..."
Lalu murid2 Rabi Yesus segera sibuk menyuruh orang2 banyak itu untuk duduk. Setelah dihitung ternyata ada kira2 5000 orang.
Dan Rabi Yesus mengambil roti dan ikan itu dan mengucap syukur pada Bapa, "Bapa, terima kasih untuk makanan ini."
Lalu sesuatu yg ajaib terjadi! Roti dan ikan yg Rabi Yesus ucap syukur atasnya mulai dibagikan pada orang banyak tersebut dan tidak habis2! Terus roti dan ikan itu bertambah secara mujizat!
Yakub melihat dengan takjub dan jelas karena Yakub duduk dekat Yesus. Bahkan setelah selesai dibagi2kan Yakub sempat berbincang sedikit dengan Rabi Yesus pada saat makan. Yakub senang sekali bisa berbicara dan mendengar Rabi Yesus. Rabi Yesus tidak sombong dan kelihatan jelas kalau Rabi Yesus sangat mengasihi dirinya yg hanya anak kecil. Tapi pandangan Yesus pada Yakub beda sekali dg orang2 kebanyakan. Rabi Yesus melihat Yakub sbg temannya, sahabat, orang yang dikasihi dan sbg anak.
Yakub pun akhirnya mengenal Rabi Yesus bukan dari kata orang tp Yakub mengenal sendiri Rabi Yesus, bahkan bukan hanya sebagai Rabi tapi sebagai Mesias yang dijanjikan, Penyelamat...
Setelah semua puas makan dan kenyang, Rabi Yesus kembali berkata pada murid2Nya : "kumpulkan semua makanan yg tersisa. Jangan sampai ada yg terbuang."
Murid2 Rabi Yesus kembali sibuk kesana kesini untuk mengumpulkan makanan lebih, dan setelah dihitung ternyata sisa 12 bakul roti!
Setelah itu Rabi Yesus dan 12 muridNya pergi ke gunung.
Yakub pun mendapat 1 bakul roti untuk dibawa pulang, bukan karena dia masih lapar tapi untuk ibunya di desa.
Yakub pulang dengan sangat sukacita bukan karena 1 bakul roti yg dibawa pulang tapi karena Yakub merasa ada sesuatu yg berbeda setelah ia bertemu Rabi Yesus... Yakub merasa ada pengharapan baru yg belum pernah dialaminya, dulu Yakub tidak punya pengharapan itu, dia merasa kecil dibanding orang2 lain yang punya ayah, tapi skrg Yakub tidak malu lg dan berpengharapan karena Yakub skrg sudah mengenal Yesus sbg Mesias, Penyelamat, dan Bapa...
Yakub tidak malu lg karena Yakub tahu ada Bapa yg kekal yg menjagai hidupnya dan ibunya. Sang Pembuat mujizat yg menyediakan makanan utk 5000 orang dari 5 roti dan 2 ikan kecil.
Yakub juga belajar bahwa asal dia rela memberi semua yg dia punya, walaupun sedikit, tapi kalau dia serahkan ke tangan yg tepat, ke tangan Tuhan, maka 5 roti dan 2 ikan kecil sanggup memberi makan 5000 orang bahkan lebih 12 bakul roti... Semua yang dia punya saat dia serahkan ke Tuhan akan memberkati orang banyak dan memberkati dirinya juga...
Yakub berkata pada dirinya sendiri "Banyak sekali yg akan aku ceritakan pada Ibu... Aku tak sabar cepat2 sampai rumah, aku ingin menceritakan Sang Mesias pada Ibu dan apa yg telah diperbuatNya bagi orang2 banyak dan bagiku dari bekal 5 roti dan 2 ikan kecil Ibu..."
Yakub pun melanjutkan perjalanannya dengan senyum lebar tak hanya di wajahnya tapi di hatinya juga. Wajah Yesus yg tersenyum teringat jelas di hatinya dan Yakub bertekad utk bercerita pada tiap orang yg dia temui tentang Yesus...

Sekian cerita dibalik 5 roti dan 2 ikan kecil yg di tangan Yesus cukup untuk memberi makan 5000 orang karena ada seorang anak kecil yg rela memberi semua yg dipunyainya walaupun sedikit pada Yesus.
Berilah yg ada padamu pada Tangan yg tepat, pada Tuhan Yesus, kamu tidak akan pernah tahu apa yg bisa diperbuatNya bagi orang2 banyak dan bagimu...

Jesus love u all,,,
be blessed... ^^

0 comments:

Post a Comment